Tips Cerdik Menggunakan Kamera Smartphone Untuk Mendapatkan Hasil Sempurna

Dibanding dengan DSLR, kamera smartphone memang memiliki keterbatasan. Tapi jika tahu tips dan caranya, hasil pemotretan dengan kamera smartphone tetap bisa mendatangkan hasil yang bagus dan tidak kalah sempurna. Tampilannya akan terlihat cantik, menarik serta sedap dipandang oleh mata.

Kamera smartphone

  1. Mengenali Kamera Smartphone

Pada umumnya kamera yang disematkan pada smartphone bukan merupakan kamera flagship apalagi untuk smartphone dengan harga rendah. Namun meski hanya berupa kamera low atau mid end, sebetulnya sudah lumayan cukup untuk memenuhi keperluan pemotretan khususnya bagi pengguna awam.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengenal lebih dulu seluk beluk fitur kamera yang terdapat pada smarphone tersebut. Cek secara seksama fitur shooting mode, brightness, contrast, resolusi dan sebagainya. Rajinlah melakukan latihan untuk menggunakan fitur-fitur dan bandingkan hasilnya antara hasil pemotretan yang satu dengan yang lain.

  1. Hindari Penggunaan Zoom

Saat melakukan pemotretan, tidak jarang jarak obyeknya lumayan jauh. Sehingga obyek yang akan dipotret tersebut hanya terlihat kecil saja dan kalah dengan background yang terdapat di sekitarnya. Untuk mengatasi masalah ini, biasanya orang akan menggunakan fitur zoom.

Tetapi apabila ingin memperoleh hasil yang lebih bagus, sebaiknya hindari penggunaan zoom karena kualitas gambarnya akan terlihat pecah-pecah. Sebaiknya obyek tersebut didekati agar bisa memenuhi layar smartphone atau viewfinder.

  1. Komposisi dalam Rule of Thirds

Penggunaan kamera smarphone tidak selalu mampu meletakan obyek tepat di tengah frame. Tetapi dengan pemakaian komposisi rule of third secara tepat, hasil yang diperoleh tetap akan terlihat natural. Pengaktifan komposisi ini bertujuan untuk memecah dan membagi frame jadi tiga bagian baik secara vertikal maupun horizontal dengan pembagian yang sama.

Sebagian besar kamera smartphone sudah dilengkapi dengan sistem pengaturan ini. Sehingga membuat pemakainya semakin mudah meletakan garis-garis frame untuk mencari komposisi paling tepat saat memotret. Melalui garis-garis frame inilah obyek pemotretan bisa diletakan pada posisi terbaik dalam frame.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan yang sifatnya natural selalu mendatangkan pewarnaan gambar yang lebih bagus dibanding pemotretan yang menggunakan pencahayaan flash. Jadi jika pemotretan dilakukan dalam ruangan, sebaiknya dilengkapi dengan pencahayaan buatan agar hasil refleksinya dapat terlihat lebih sempurna. Hindari penggunaan flash karena hasilnya akan terlihat kurang cantik dan menarik.

  1. Menggunakan Obyek Manusia

Tips berikutnya, pakai obyek manusia apabila ingin memotret pemandangan alam. Panorama alam yang dipotret menggunakan kamera smartphone terlihat kurang indah jika tidak terdapat obyek lain didalamnya. Posisi obyek manusia tidak harus selalu berhadapan langsung dengan kamera. Misalnya orang yang dipotret membelakangi kamera sambil memandang panorama yang ada didepannya.

  1. Menjaga Kebersihan Lensa Kamera smartphone

Meski hanya berukuran kecil saja dan agak tersembunyi, tapi lensa pada kamera smartphone tetap memiliki resiko kena debu dan kotoran. Jadi kebersihannya harus selalu dijaga sehingga hasil pemotretan terlihat jernih dan bening. Jika sering digunakan di alam terbuka pada pagi hari, selain debu juga sering kena embun. Sehingga disarankan untuk melindunginya dengan casing smartphone.

  1. Aplikasi Foto

Biasanya setiap smartphone dilengkapi dengan fitur edit atau editing tool yang cukup lengkap untuk menyempurnakan hasil pemotretan. Tetapi tidak ada salahnya melengkapi fitur tersebut dengan aplikasi edit foto agar bisa menambah enhance colors, contrast, brightness, filter dan sebagainya. Kemudian jika pengeditan dilakukan melalui laptop, pasti hasilnya akan semakin optimal karena fitur-fitur editingnya jauh lebih lengkap.

Terakhir sebagai tips tambahan, ketika memotret dengan smartphone gunakan kedua tangan sekaligus. Jika menggunakan satu tangan saja biasanya akan terjadi getaran sehingga hasilnya akan terlihat buram. Bahkan apabila dirasa perlu, manfaatkan tripod khusus kamera ponsel.

 

DI BACA JUGA YUK : Daftar Drone Terupdate 2018 Lengkap dengan Spesifikasinya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Content is protected !!

DAPATKAN ARTIKEL TERBARU KAMI

Dapatkan artikel terbaru kami menganai internet marketing, bisnis online dan bisnis idea di Email kamu ! cukup daftarkan Nama dan Email kamu, Sign Up sekarang !
EMAIL
NAMA
Secure and Spam free...

DAPATKAN ARTIKEL TERBARU KAMI

Dapatkan artikel terbaru kami menganai internet marketing, bisnis online dan bisnis idea di Email kamu ! cukup daftarkan Nama dan Email kamu, Sign Up sekarang !
EMAIL
NAMA
WhatsApp chat